Translate








Jumat, 13 Desember 2013

Install rsyslog5 di Linux Centos 5

rsyslog adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk keperluan pengiriman Log dari server lokal menuju server lain sebagai sentral log. Hal ini berguna sebagai backup log, sehingga memudahkan dalam maintenance serta analisa berbagai event yang terjadi pada setiap server di jaringan kita.

Pada linux Centos 5 sebenarnya sudah dilengkapi dengan paket rsyslog. Namun saya akan menggunakan rsyslog5 karena file konfigurasinya sama dengan Linux Centos 6 yang nanti akan saya gunakan sebagai Server Sentral Log.

Untuk menginstall rsyslog5 pada Linux Centos 5 ada beberapa cara. Cara yang paling mudah yakni dengan menggunakan yum, namun dengan syarat server harus terkoneksi dengan internet.

[root@MAJAPAHIT ~]# yum install rsyslog5 rsyslog5-gnutls 


Untuk server yang tidak terkoneksi ke Internet, kita harus menginstall secara manual dengan mencari terlebih dahulu paket rsyslog5. File yang dibutuhkan yakni rsyslog5 (rsyslog5-5.8.12-4.el5.i386.rpm) dan rsyslog5-gnutls (rsyslog5-gnutls-5.8.12-4.el5.i386.rpm). Kedua paket tersebut bisa didapatkan disini, atau dari sumber lainnya di internet. Sebelum menginstall paket rpm, kita hapus dulu selinux-policy agar tidak terjadi conflict.

[root@MAJAPAHIT ~]# rpm -e selinux-policy-2.4.6-300.el5 --nodeps


 Setelah itu, install kedua paket rpm

[root@MAJAPAHIT ~]# rpm -ivh rsyslog5-gnutls-5.8.12-4.el5.i386.rpm rsyslog5-5.8.12-4.el5.i386.rpm


Tahap instalasi selesai, dan paket rsyslog5 sudah terinstall pada server Linux Centos 5, dengan file konfigurasi berada di lokasi : /etc/rsyslog.conf. Untuk kemudahan, sebaiknya kita menginstall paket rsyslog5 secara online dengan cara pertama (yum).

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IconIconIconFollow Me on Pinterest

Blogger news

Blogroll

What's Hot